Stok Bapokting Aman, Harga Relatif Stabil di Pasar Nainggolan

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kabupaten Samosir tetap melakukan pemantauan stok dan harga bahan pokok penting (bapokting) pada sejumlah pasar tradisional.

topmetro.news – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kabupaten Samosir tetap melakukan pemantauan stok dan harga bahan pokok penting (bapokting) pada sejumlah pasar tradisional.

Pemantauan dipimpin Kepala Dinas Kopnakerindag Rista Sitanggang bersama Kabag Perekonomian Tri Endis Manalu dan Kabid Perindustrian dan Perdagangan Felix Manullang.

Mereka melakukan monitoring di Pasar Tradisional Nainggolan, Kecamatan Nainggolan, Senin (18/12/2023). Pemantauan stok dan harga bapokting berlangsung pada toko besar (grosir) dan sejumlah pedagang di Pasar Nainggolan.

Dari hasil monitoring, untuk stok dan ketersediaan bapokting masih cukup aman jelang Nataru. Yakni, ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang turun. Namun harga tersebut masih relatif normal dan terjangkau oleh masyarakat.

Pantauan pada toko besar (grosir) SS, ketersediaan stok beras premium aman dengan harga jual kemasan 5 kg sebesar Rp75.000 (15 ribu/kg), kemasan 30 kg seharga Rp410.000. Kemudian, minyak goreng Rp14.000/kg, tepung terigu Rp10.000/kg, gula pasir Rp17.000/kg, telur Rp50.000/papan. Harga pasar masih relatif normal.

Pantauan di Pasar Nainggolan, Ayam Merah Rp50.000/kg, ayam ras broiler Rp40.000/kg, Cabe Merah Rp35.000/kg, Cabe Rawit Hijau Rp40.000/kg. Sedangkan Bawang Merah Rp40.000, naik Rp5.000 dari harga sebelumnya.

Pemilik grosir SS, Henry Situmorang menjelaskan, bapokting yang ia sediakan mencukupi untuk kebutuhan Natal (Desember). Bahkan cukup sampai awal Januari 2024.

“Monitoring ini untuk memantau jumlah stok dan harga bapokting. Sehingga pada Nataru nanti kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan harga yang stabil,” kata Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment